Pengertian, Contoh, dan Akibat Sniffing (Penyadapan).

Sniffing merupakan Proses Penyadapan terhadap lalu lintas data pada suatu jaringan komputer

Perumpamaan atau contohnya seperti ini :

Anda menggunakan komputer yang terhubung dengan suatu jaringan di kantor,kampus, atau sekolah. Saat anda mengirimkan email kepada teman atau keluarga anda yang berada di luar kota maka email tersebut akan dikirimkan dari komputer anda dan akan melewati jaringan komputer (wifi,hotspot,server, gateway internet ,dll) kantor , kampus, dan sekolah , kemudian keluar dari kantor melalui jaringan internet , lalu sampailah di inbox email teman atau keluarga anda. Pada saat itulah aktivitas sniffing bisa dilakukan. Oleh siapa ? bisa oleh administrator jaringan yang mengendalikan server, atau oleh pemakai komputer lain yang juga terhubung pada jaringan yang sama dengan anda di kantor, sekolah,atau kampus, atau kemungkinan sniffing tersebut dilakukan oleh hacker/cracker atau juga dapat dilakukan oleh teman kantor atau teman kampus anda yang mengerti tentang teknik sniffing tersebut.

Akibat Teknik Snifing:

Dengan sniffing ini, email anda bisa didapat/di-capture sehingga isinya bisa dibaca oleh seseorang yang melakukan teknik sniffing tersebut tanpa anda ketahui, bahkan username serta password email anda tadi dapat di ketahui dengan mudah. berbahaya sekali bukan teknik tersebut.


Catatan:

Teknik sniffing bukan hanya mengambil email anda , melainkan data-data yang anda upload di internet atau mengirimkan sesuatu data/file sesuatu yang menggunakan server atau internet. rs (sumber)
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments